Adakah CPNS Titipan? Wagub Jabar: Masih Gentayangan

0

BANDUNG, Voiceofjabar.com – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyampaikan kepada para peserta ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) agar bisa mempersiapkan diri dan mengikuti aturan, karena tidak ada seorang pun bisa membantu menentukan kelulusan selain diri sendiri.

Selain itu, Wagub Uu juga menghimbau agar masyarakat tidak tergiur dan selalu waspada dengan orang-orang yang menjanjikan bisa meluluskan CPNS.

Karena saat ini tes CPNS sudah menggunakan sistem Computer Assistex Test (CAT). Jadi peserta tidak perlu repot melingkari lembar jawaban, nantinya di monitor komputer akan terlihat langsung nilainya.

Sistem CAT ini akan mempercepat proses pemeriksaan, menciptakan standardisasi hasil ujian secara nasional dan mewujudkan transparansi, objektivitas, akuntabel dan bebas KKN.

“Saya yakin para peserta pada hari ini telah mempersiapkan semuanya,” kata Wagub Uu saat membuka kegiatan seleksi CPNS 2018 Provinsi Jawa Barat di SPOrT Jabar Arcamanik Jl.Pacuan Kuda No.52 Bandung, Jum’at (26/10/18).

“Tolong lupakan, abaikan – jadi sekarang tidak ada lagi peluang untuk titip-titipan, dorongan atau cara lain agar diterima CPNS. Karena tidak menutup kemungkinan masih ada yang bergentayangan, menjanjikan bisa meluluskan,” katanya mengingatkan.

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, dalam seleksi kompetensi dasar ini materi yang akan diujikan yaitu mengenai, tes karakteristik pribadi, tes intelegensia, dan tes wawasan kebangsaan.

Setiap tahun Pemerintah Daerah mengalokasikan formasi kebutuhan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hasil pengalokasian formasi tersebut didasarkan pada tahun ini terdapat sekitar 220 ribu PNS yang akan pensiun.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengalokasikan formasi sesuai dengan data pensiun pada tahun berjalan sejumlah 1.613 PNS yang akan pensiun (2018), ditambah data pensiun dua tahun terakhir dengan jumlah pensiun tahun 2016 sebanyak 568 dan tahun 2017 sebanyak 738 PNS yang pensiun.

Formasi yang dibutuhkan Provinsi Jawa Barat sebanyak 1.085 orang, meliputi 925 formasi bidang pendidikan, 90 formasi tenaga kesehatan, dan 69 formasi teknis/infrastruktur.

Pada tingkat instansi pemerintah, Provinsi Jawa Barat menempati urutan keempat diantara provinsi-provinsi lainnya dalam hal jumlah pelamar tes CPNS dibawah Jawa Timur, Jawa Tengah dan DKI Jakarta dengan jumlah 29.709 pelamar.

“Tentu sana ini menjadi hal positif bagi kita, warga Jawa Barat banyak yang ingin jadi PNS, ingin membangun daerahnya masing-masing dan ingin mengabdi kepada nusa dan bangsa dengan bekerja melayani masyarakat,” tutup Wagub. (sba)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here