904 Keluarga Penerima Manfaat PKH di Ciamis sudah Mandiri

0

CIAMIS, Voiceofjabar.com – Tahun 2022 Kabupaten Ciamis menargetkan 10 persen graduasi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) peserta Program Keluarga Harapan (PKH).

Dari jumlah 47000 KPM Program PKH di Kabupaten Ciamis, terhitung tahun 2019 hingga Bulan Agustus ini tercatat sebanyak 904 KPM sudah tergraduasi.

“Gebyar Pesona PKH Kabupaten Ciamis Tahun 2019 dengan menghadirkan stand ini merupakan hasil olahan KPM PKH yang tergraduasi,” ucap Indra Maulana selaku Kordinator Pendamping PKH Kabupaten Ciamis, Sabtu (31/8/19) di Gedung GGT Ciamis.

“Perjalanan untuk KPM bisa mandiri lumayan cukup lama, tetapi yang paling berat adalah bagaimana merubah mindset para KPM ini untuk mempunyai jiwa siap mandiri lebih awal, artinya mereka tidak harus menunggu 3-4 Tahun, namun dalam waktu 2 Tahun kalau siap di graduasi kita sangat mengapresiasi para Ibu-Ibu KPM,” jelas Indra.

Aturan tentang ketentuan PKH, 6 Tahun diusahakan harus bisa digraduasi, tidak menutup kemungkinan masih ada yang sulit walaupun sudah melewati 6 tahun.

“Saya rasa hal tersebut juga masih ada, memang kondisinya pun sangat membutuhkan, artinya dalam ketentuan pun ketika kondisinya belum bisa di graduasi masih ada transisi untuk diberikan PKH,”katanya.

Indra berharap kegiatan PKH di Kabupaten Ciamis bisa berjalan sebaik mungkin sesuai SOP yang ada, serta memberikan pendampingan yang maksimal bagi para KPM, supaya KPM cepat mandiri dan di graduasi.

“Artinya para KPM bisa cepat mandiri dan sejahtera, tentunya hal tersebut harus adanya dukungan dan suport dari Pemerintah Daerah dan Provinsi dalam rangka mengentaskan kemiskinan, sehingga proses graduasi bisa cepat dilakukan,”pungkasnya. (far)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here