8 Hal ini Dianggap Pencuri Pahala Puasa

0

Voiceofjabar.com – Gangguan puasa bukan lapar & dahaga. Sebab itu konsekuensi logis dari aktivitas pengosongan perut. Lumrah. Jadi tak perlu ngaku puasa kalau gak merasa lapar.

Namun, puasa kerap diganggu oleh ada beberapa kebiasaan buruk yang diprediksi bisa mengurangi pahala puasa bahkan merusaknya. Kesucian rhamadan kerap ternoda oleh tingkah laku mubadzir yang umum dilakukan oleh kita di luar bulan ramadhan.

Kebiasaan buruk itu dianggap sebagai pencuri pahala puasa yang mengakibagkan puasa kita tak berkualitas. Penting untuk dicamkan, Inilah mereka sang pencuri itu:

1. TELEVISI. Ko bisa? ya, karena kerap kali muncul beberapa tayangan yang bisa merusak puasa. Entah sinetron, film, iklan atau apapun yang sekiranya tak layk dipandang mata dan tak bisa dijadikan rujukan kebaikan.

Kita cari aman saja, pilih channel TV yang membantu menambah ilmu & dan ketaatan kita kepada Allah agar puasa kita lebih bermakna.

Sabda Nabi: “Ambilah hikmah (ilmu) darimanapun ia datangnya”.

2. PASAR. Ini juga merupakan pencuri spesial dalam menghabiskan uang dan waktu tanpa batas. Oleh karena itu tentukan belanjaanmu begitu pergi ke pasar.

“Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas”.

3. BEGADANG. Nah ini juga pencuri yang mengambil waktu yang paling berharga. Pencuri yang mengambil waktu salat tahajud dari seorang hamba di sepertiga malam terakhir, dan mencuri kesempatan untuk istighfar serta taubat. Main PS, nonton bola, nongkrong, dan banyak lagi aktifitas yang mencuri waktu malam.

4.  DAPUR. Pencuri yang banyak mengambil waktu yang panjang untuk membuat beragam jenis masakan, berupa makanan dan minuman. Hampir-hampir semuanya tidaklah lewat di mulut, kecuali sejenak saja.

5. HANDPHONE.  Sebagian orang hanya sekedar menjawab panggilan masuk. Bisa diserang dengan dosa berupa ghibah, namimah, dusta, memuji diri atau orang lain, membeberkan rahasia, berdebat tanpa ilmu, ikut campur urusan orang, dan sebagainya dari kesalahan-kesalaham mulut yang banyak yang juga merupakan majlis yang kosong dari dzikir.

6. KIKIR. Sedekah akan melindungimu dari neraka, dan sebaik-baik sedekah adalah di bulan Ramadhan; maka bersedekahlah. Sisihkan sebagian hartamu untuk berbagi. Ini kemuliaan hidup.

7. MAJELIS yang kosong dari mengingat Allah.  Pencuri ini adalah yang mempersiapkan bagimu penyesalan di hari kiamat. Nabi shallaalhu alaihi wa sallam bersabda:

“Tidaklah suatu kaum bermajelis, tidak mengingat Allah dan tidak juga bersholawat kepada Nabi mereka kecuali mereka meninggalkan penyesalan. Bila Allah mau maka Allah akan menyiksa mereka, atau Allah berkehendak mengampuninya.”

8. MEDSOS – FACEBOOK, WHATSAPP, BBM, TWITTER, DLL. Ini pencuri paling super. Kenapa? Karena semua ada dalam genggaman. Dibawa kemana-mana. Dicek berulang kali.

Sering kali banyak postingan seronok, curhatan lebay, bahkan terkadang banyak komen yang memancing emosi, mencaci, mencela, memfitnah.

Atau yang paling sering dilakukan adalah UPDATE STATUS yang tak semestinya dilakukan seorang yang sedang menghamba kepada Allah.

Misal: “Alhamdulilah hari pertama puasa lancar full service, tahajud aman, tadarus 1 juz rampung, sedekah yuk”

Sekilas status itu tampak baik karena mengabarkan kebaikan. Tapi disadari atau tidak itu merupakan perbuatan Riya. Itu pencuri.  Ingin orang lain tahu aktifitas kebaikan kita. Sangat berbahaya.  So, Hati-hati ya, cukup Allah saja yang tahu. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here