612 orang Penyandang Disabilitas di Kota Banjar Ikut Pilkada

0

Banjar, voiceofjabar.com – Jumlah DPT Kota Banjar sebanyak 143.516. Sebanyak 612 orang penyandang disabilitas. Jumlah tersebut sudah ditetapkan KPU Kota Banjar pada waktu menggelar rapat pleno terbuka penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar, Wali kota dan Wakil Wali kota Banjar 2018 di Kantor KPU Banjar, Kamis (19/4/2018).

Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Muhklis mengatakan meski DPT sudah ditetapkan, khusus pemegang hak pilih di Kota Banjar yang tidak terdata dan tidak masuk DPT sekarang ini.

“Tentunya masih ada harapan untuk menyalurkan hak pilihnya di TPS pada Pilkada serentak nanti. Sebanyak 143.516 orang ditetapkan dan disahkan jadi pemegang hak pilih pesta demokrasi tahun 2018 mendatang,” ujarnya.

“Syaratnya itu mudah sekali, yakni harus mampu menunjukan bukti kepemilikan e-KTP beralamat Banjar dan disesuaikan ketersediaan surat suara di TPS pemegang hak pilih bersangkutan nantinya,” tambahnya.

Humlah 143.516 orang pemegang hak pilih itu tersebar di 25 desa/kelurahan, 4 kecamatan se-Kota Banjar yang meliputi, Kecamatan Banjar sebanyak 40.964 orang, Kecamatan Pataruman (43.452 orang), Kecamatan Purwaharja ( 16.610 orang) dan Kecamatan Langensari (42.490 orang).

“Dari jumlah 143.516 orang DPT Kota Banjar ini, terdata sebanyak 77.770 orang laki-laki dan sebanyak 72.746 orang perempuan,” ujarnya.

Adapun jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Banjar sebanyak 332 TPS.

Meliputi, Kecamatan Banjar ( 92 TPS), Kecamatan Pataruman ( 106 TPS), Kecamatan Purwaharja ( 40 TPS) dan Kecamatan Langensari ( 94 TPS).

Dalam rapat pleno terbuka itu, terungkap penyandang disabilitas pemegang hak pilih di Kota Banjar sebanyak 612 orang.

Di antaranya, berjumlah 142 orang di Kec Banjar, sebanyak 186 orang di Kec Pataruman, sebanyak 97 orang di Kec Purwaharja dan 187 orang di Kec Langensari.

“Penyandang disabilitas nantinya akan ada perbedaan di surat suara dan pemetaan di TPS, karena disabilitas adalah pemegang hak pilih khusus,” ucapnya.

Acara rekapitulasi DPT Kota Banjar disaksikan Panwaslu Kota Banjar, perwakilan Polres Banjar, Kejari Kota Banjar, Kodim 1613/Ciamis, perwakilan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Kota Banjar dan perwakilan Tim Kampanye Pilwalkot Banjar Nomor 1 dan Nomor 2. Kemudian, Perwakilan Tim Kampanye Paslon Nomor 1, 2, 3 dan 4.

Menyusul adanya perbedaan jumlah pemegang hak pilih, saat pleno di tingkat kecamatan dengan pleno di tingkat KPU Kota Banjar, rapat pleno rekapitulasi DPT Kota Banjar sempat berjalan alot dengan adanya perdebatan Panwaslu, PPK dan Tim Kampanye.

“Deri salah satu Tim Kampanye mengatakan, Harusnya data hasil pleno tingkat kecamatan itu, datanya sama dengan data yang disampaikan saat pleno di tingkat KPU,” tegasnya. (AM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here