14 Kampus Semarakkan Liga Mahasiswa di Tasikmalaya

0

Tasikmalaya, Voiceofjabar.com – Liga Mahasiswa telah sukses menggelar LIMA ( Liga Mahasiswa ) futsal blibli.com West Java conference selama 3 season dari 2014-2017 di Kota Bandung.

Pada tahun 2018 yang merupakan sistem ke-6, Liga Mahasiswa untuk pertama kali memilih kota Tasikmalaya sebagai Kota penyelenggara kompetisi futsal untuk region Jawa Barat.

Dengan titel LIMA futsal blibli.com West Java conference 2018, kompetisi futsal antar mahasiswa tersebut akan dihelat pada tanggal 14 sampai 21 November 2018 di Mayasari Sports Hall, Tasikmalaya, Jawa Barat.

LIMA futsal blibli.com West Java conference merupakan konferensi keenam dari tujuh conference yang digelar Liga mahasiswa pada 2018.

Sebelumnya Liga Mahasiswa telah menyelenggarakan LIMA futsal bolalob.com di Pontianak, lima futsal McDonald’s East Java conference sub conference Malang di Malang, LIMA futsal gojek Sumatera conference di Palembang, LIMA futsal McDonald S Java conference sub conference Surabaya di Surabaya, dan LIMA futsal Kaskus Central Java and special region of Yogyakarta conference di Yogyakarta.

Penunjukan Tasikmalaya sebagai Kota penyelenggara merupakan langkah konkret Liga Mahasiswa untuk meluaskan Upaya pengembangan kehidupan kampus di Indonesia.

Liga mahasiswa berharap kompetisi futsal yang menjadi wadah pengembangan karakter mahasiswa dan mahasiswi ini diharapkan tidak hanya terpusat di kota-kota besar Indonesia tapi juga mencakup seluruh wilayah.

Penunjukan Tasikmalaya sebagai Kota penyelenggara kompetisi menegaskan keinginan Liga mahasiswa memperluas cakupan wilayah penyelenggaraan dan pengembangan kehidupan kampus, tidak hanya terfokus di kota-kota besar.

“Kami pun berharap kesemarakan pergelaran di Tasikmalaya ini bisa melebihi pergelaran di kota-kota besar,” ujar Ryan Gozali, CEO Liga Mahasiswa dalam rilisnya.

Liga Mahasiswa juga berpatokan pada tiga pilar utama yakni Athleticsm, Education, dan Social Responsbility.

Athleticism artinya peserta dimotivasi untuk dapat belajar menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas, seperti mengakui keunggulan orang lain, jujur, disiplin, serta kuat secara mental.

Education artinya mahasiswa didorong untuk tidak hanya kuat secara fisik, tetapi juga pintar secara akademis. Hal ini diimplementasikan dalam aturan baku LIMA, yaitu setiap peserta liga harus memiliki setidaknya indeks prestasi kumulatif (IPK) minimun 2,00 untuk bisa ikut serta.

Social Responbility artinya Kepedulian sosial ini diaplikasikan dengan diharuskannya para peserta LIMA untuk ikut dalam aksi sosial selama minimal enam jam sebagai persyaratan untuk menjadi peserta LIMA.

Aksi sosial ini menjadi stimulus bagi peserta untuk mampu menumbuhkan rasa empati dan simpati lingkungannya.

Diketahui ada empat belas (14) tim Universitas dipastikan berpartisipasi dalam kompetensi tahunan ini. Terdiri dari sembilan (9) tim Putra dan lima (5) putri. Sembilan (9) tim Putra tersebut ialah Universitas Islam Nusantara, Universitas Khatolik Parahyangan, STIE Ekuitas, Universitas Padjadjaran, Universitas Telkom, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Universitas Siliwangi, Universitas Widyatama, STKIP Pasundan. sedangkan ima (5) tim peserta dari kategori Putri yaitu Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Khatolik Parahyangan, Universitas Padjadjaran, Universitas Siliwangi dan STKIP Pasundan.

Persaingan antar tim menjanjikan pertarungan sengit. Sembilan (9) tim Putra dan lima (5) tim putri akan berjuang maksimal untuk menjadi yang terbaik di LIMA Futsal blibli.com West Java conference 2018. Dua (2) tim Putra dan 3 tim Putri dengan peringkat terbaik di ajang ini akan mewakili region Jawa Barat di lima futsal nasional 2018 pada 7-16 desember di Jakarta. (Jang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here