11 Bacaleg Kota Banjar Didiskulifikasi

0

BANJAR, voiceofjabar.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar mendiskualifikasi 11 dari 298 bakal calon anggota legislatif untuk Pemilihan Legislatif 2019 karena tidak memenuhi syarat (TMS).

Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Mukhlis mengatakan diskualifikasi tersebut karena partai politik yang bersangkutan tidak memperbaiki dan melengkapi dokumen persyaratan sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan yakni tanggal 31 Julk 2018.

“Dokumen yang tidak dilengkapi sampai batas waktu tersebut diantaranya surat keterangan sehat jasmani dan rohani, surat keterangan pengadilan dan ijazah yang tidak dilegalisir. Sebagaimana telah diatur PKPU 20/2018 yang diperkuat dengan terbitnya SK KPU RU No 961/2018, yang bunyinya, bahwa bagi partai politik yang tidak memperbaiki atau melengkapi dokumen sampai tanggal 31/07/2018, maka bacaleg tersebut dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) katanya.

11 bacaleg yang gagal dalam perbaikan persyaratan itu berasal dari beberapa parpol. Dua orang dari Partai Nasdem, satu orang dari Partai Gerindra, satu orang dari Partai Golongan Karya (Golkar), tiga oramg dari Partai Persatuan Indonesia (PPI), satu orang dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), satu orang dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan dua orang dari Partai Hanura.

Dani menyampaikan jumlah bacaleg yang akan memperebutkan 30 kursi di DPRD Kota Banjar pada Pileg 2019 yang dinyatakan memenuhi syarat sebanyak 287 bacaleg.

Sementara itu jumlah bacaleg terbanyak  dari tiga dapil di Kota Banjar sebanyak 30 orang yakni dari PDI Perjuangan, Golkar dan PKS. Adapun bacaleg paling sedikit dari tiga dapil, yaitu ada tiga orang. Mereka dari Partai Berkarya dan Partai Solidaritas Indonesia. (AM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here